Nilai pH, Keasaman dan Alkalinitas


Nilai pH air yang normal adalah sekitar netral, yaitu antara pH 6 sampai 8, sedangkan pH air yang trpolusi, misalnya air buangan, berbeda-beda tergantung dari jenis buangannya. Sebagai contoh, air buangan pabrik pengalengan mempunyai pH 6,2 – 7,6, air buangan pabrik susu dan produk-produk susu biasanya mempunyai pH 5,3 – 7,8, air buangan pabrik bier mempunyai pH 5,5 – 7,4 sedangkan air buangan pabrik pulp dan kertas biasanya mempunyai pH 7,6 -9,5.

                Pada industri-industri makanan, peningkatan keasaman air buangan umumnya disebabkan oleh kandungan asam-asam organic. Air buangan industri-industri bahan anorganik pada umumnya mengandung  asam mineral dalam jumlah tinggi atau pHnya rendah. Adanya komponen besi sulfur (FeS2) dalam jumlah tinggi di dalam air juga akan meningkatkan keasamannya karena FeS2 dengan udara dan air akan membentuk H2SO4 dan besi (Fe) yang larut.

                Perubahan keasaman pada air buangan, baik kearah alkali (pH naik) maupun kearah asam (pH menurun), akan sangat mengganggu kehidupan ikan dan hewan air di sekitarnya. Selain itu, air buangan yang mempunyai pH rendah bersifat sangat korosif terhadap baja dan sering menyebabkan pengkaratan pada pipa-pipa besi.
 
Sumber : Srikandi Fardiaz, Polusi Air dan Udara, Kanisius 

Sodiq (08303244041) & Zulham (08303244030) 
Label:Tanah, Air, Udara | edit post
0 Responses

Posting Komentar